SEJARAH GIGI PALSU DAN MACAM GIGI


Gigi Palsu pertama kali dikenal pada tahun 700 SM. Biasanya pada masa tersebut gigi palsu masih terbuat dari gading, tulang ikan paus atau tulang kudanil dan diikat dengan semacam kawat yang terbuat dari emas. Teknik ini bertahan selama hampir 2000 tahun.

Pada tahun 1500 dan seterusnya, tulang masih dipakai unuk bahan pembuatan gigi palsu, akan tetapi mulai diikat dengan tali yang terbuat dari benang sutera. Pada masa itu, sutera juga dipakai untuk menutupi gigi yang ompong, terutama oleh para tokoh terkenal di era tersebut seperti Ratu Elizabeth I dari Inggris dan Presiden George Washington dari Amerika Serikat. Selain menggunakan tulang, gigi palsu pada masa itu juga sudah mulai menggunakan bahan-bahan seperti perak, emas, atau batu akik. Selain itu ada juga beberapa gigi palsu yang terbuat dari gigi asli, yang biasanya diambil dari mayat korban perang atau dari orang miskin yang menjual gigi-nya.

Gigi palsu yang murah dan nyaman baru mulai diciptakan pada tahun 1839 oleh Nelson Goodyear di Amerika Serikat. Bahannya berupa karet keras yang disebut vulcanite. Nelson adalah saudara dari Charles Goodyear, seorang pengusaha yang belakangan terkenal dengan pabrik ban Goodyear-nya. Karena nyaman, maka gigi palsu yang diciptakan oleh Nelson laku keras dan diproduksi massal sehingga Nelson mendapatkan paten atas ciptaannya ini. Paten ini tidak dilanjutkan pada tahun 1881 dikarenakan pengacara-nya, Josiah Bacon, akhirnya harus menemui ajal-nya di tangan seorang dokter gigi yang kelewat kesal karena Josiah terlalu rajin menuntut para dokter gigi untuk mendapatkan royalti dari paten tersebut. Selain itu hingga bahan akrilik ditemukan pada awal 1940-an, bahan vulcanite masih terus digunakan sebagai bahan gigi palsu.

Pada saat ini bahan gigi palsu biasanya dibuat dari bahan akrilik atau metal bahkan bisa dibuat permanen jika diiinginkan oleh sang pasien.

 

 

MACAM MACAM PASANG GIGI PALSU

Gigi palsu, adalah suatu alat yang dapat dilepas dan ditempatkan sendiri oleh pemakainya untuk menggantikan gigi yang telah hilang. Tentu jenis keluhan yang berbeda-beda pada calon pemakai gigi tiruan berpengaruh pada jenis gigi tiruan yang kelak akan dipakai, gigi tiruan (gigi palsu) mungkin lbanyak anda temukan dalam dua bentuk yaitu gigi tiruan sebagian dan gigi tiruan penuh. Gigi tiruan sebagian digunakan jika masih terdapat gigi asli yang tersisa sementara gigi tiruan penuh digunakan pada kondisi mulut yang tak bergigi sama sekali. Gigi tiruan sebagian yang digunakan dengan gigi asli (gigi alami) yang masih ada, dapat mempertahankan posisi gigi lainnya dalam mulut, karena gigi tiruan yang mengisi posisi gigi asli (gigi alami) yang hilang dapat menjaga posisi gigi alami yang masih ada agar tidak mengalami pergerakan atau pergesaran dan tidak menimbulkan celah antara gigi lainnya.
Terdapat dua jenis gigi tiruan (gigi palsu) yaitu :1. Gigi tiruan konvensional.
2. Gigi tiruan immediate.
Gigi tiruan konvensional dibuat setelah gigi anda dicabut dengan kondisi gusi yang telah mengalami penyembuhan. Jenis ini membutuhkan waktu sekitar empat sampai enam minggu untuk pemasangannya. jenis ini yang mungkin umum anda temui di masyarakat.Gigi tiruan immediate (yang sifatnya segera) adalah jenis gigi tiruan yang dibuat dengan segera setelah gigi anda dicabut . Merupakan jenis gigi tiruan (gigi palsu) yang dibuat sebelumnya sehingga anda tidak akan dalam keadaan “ompong” sampai gigi tiruan (gigi asli) permanen anda selesai dibuat. Setelah gigi tiruan dibuat perlu dilakukan penyesuaian setelah jaringannya sembuh dan menyusut.

Hub:sucipto 085646833214 or mini dental(jalan gubeng masjid timur SGO 4H)

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s